Pemilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dalam hal ini, agar Anda tetap kuat menjalani aktivitas sehari-hari meskipun sedang berpuasa, asupan makanan ketika sahur tentu menjadi  perkara yang tidak boleh diabaikan.

Ibaratnya, sahur merupakan pengganti sarapan bagi orang yang berpuasa. Supaya ibadah puasa berjalan dengan lancar hingga waktu berbuka, Anda harus memastikan bahwa kandungan gizi dan porsi makan sahur cukup untuk memberi cadangan energi seharian. Nah, berikut adalah beberapa pilihan menu sahur sehat yang sebaiknya Anda konsumsi agar selalu kuat menjalani puasa.

5 Pilihan Menu Sahur Sehat

  1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Supaya Anda bisa lebih kuat dalam berpuasa, sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi saat sahur.

Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, jenis karbohidrat ini memiliki struktur kimia yang lebih kompleks dan lebih lama dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, zat gizi ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks di antaranya adalah gandum, nasi merah, sereal, oatmeal, serta kentang. Idealnya, konsumsi karbohidrat kompleks sebanyak satu sampai dua porsi untuk mencukupi kebutuhan energi sehari penuh.

Baca juga : Diet Tanpa Nasi, Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan?

  1. Protein

Menu sahur sehat berikutnya yang juga tidak boleh Anda lupakan saat sahur adalah makanan sumber protein. Selain diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan-jaringan di dalam tubuh, protein juga berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi protein yang cukup di waktu sahur, maka Anda tidak akan mudah lemas atau sakit selama berpuasa. Adapun beberapa sumber protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur di antaranya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging sapi, telur, keju yogurt, serta kacang-kacangan.

  1. Sayur-Sayuran

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama berpuasa, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan serat saat sahur juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sebab, selain dapat melancarkan pencernaan, bahan-bahan makanan yang banyak mengandung serat juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh.

Adapun beberapa sayuran yang bisa Anda pilih untuk menemani makan sahur antara lain adalah brokoli, sawi, wortel, bayam, kacang panjang, serta sayur-sayuran berserat lainnya.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan juga wajib menjadi menu makan sahur Anda. Sama seperti sayur-sayuran, buah juga kaya akan vitamin, mineral, serta, antioksidan yang dapat menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Di samping itu, serat yang terkandung pada buah juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena cenderung mengalami proses pencernaan yang lama di lambung. Adapun beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat sahur di antaranya adalah apel, kurma, alpukat, semangka, melon, pepaya, serta anggur.

  1. Air Putih

Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah dehidrasi. Karenanya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa juga sangat penting untuk dilakukan agar ibadah puasa berjalan dengan lancar. Setidaknya, minum empat sampai enam gelas air putih saat sahur dan berbuka agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan Anda tidak mudah lemas selama berpuasa.

Jadi, itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur. Di samping menu sahur sehat di atas, Anda juga bisa menambahkan Bio Strath 250 ml setiap sahur dan berbuka puasa sebagai suplemen alami untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan stamina saat menjalankan Ibadah puasa. Dengan kandungan nutrisi dan vitaminnya yang lengkap, produk suplemen herbal dari Harvest Suplement ini pastinya akan menjadi teman baik Anda selama berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa!

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *