Inilah Penyebab AC Tidak Bisa Dinyalakan Atau Dimatikan Dengan Remote

Salah satu masalah yang terjadi pada AC adalah tidak bisa menyalakan atau mematikan dengan remote. Padahal baterai remote sudah diganti yang baru. Masalah ini disebabkan oleh sensor ac yang rusak. Karena sensor inilah yang menangkap sinyal infra merah remote kontrol. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa service ac denpasar atau membeli remote yang baru, lebih baik ketahui penyebab ac tidak bisa dinyalakan dan dimatikan dengan remote berikut ini.

Sensor Terkena Tetesan Air

Sebelum membersihkan, ac masih bisa dinyalakan dengan remote. Tetapi setelah dibersihkan tidak bisa dinyalakan. Mungkin bagian sensor terkena air saat anda membersihkannya. Jika hal ini terjadi, tak perlu langsung panik. Matikan ac, kemudian lepas mata sensor dengan mencabut socket penghubungnya. Lalu bersihkan atau lap bagian mata sensor dengan kain halus kering atau tisu kering. Anda juga bisa mengeringkan dengan hari dryer. Kalau perlu jemur dibawah sinar matahari, supaya sensor benar-benar kering. Pastikan jangan terlalu lama menjemurnya. Lalu pasang kembali ke tempatnya dan coba nyalakan lagi.

Remote Ac Rusak

Jika ac tidak bisa dinyalakan atau dimatikan dengan remote, mungkin remote acnya sudah rusak. untuk mengetahui remote ac rusak atau tidak, anda bisa melakukan langkah berikut ini :

Arahkan lampu led remote ke kamera hp

Tekan tombol mana saja di remote ac

Perhatikan layar hp. Bila saat anda menekan tombol, lampu led di layar hp menyala berarti remote masih normal. Tetapi bila tidak nyala, berarti remote rusak.

Lebih baik gunakan hp zaman dulu, bukan hp android.

Sensor AC Rusak

Sensor ac yang rusak, tentunya tidak bisa dinyalakan atau dimatikan dengan remote. Kerusakan ini bisa dikarenakan putus bagian integrated circuit. Bisa juga dikarenakan umur sensor yang sudah lama, sehingga tidak menangkap infra merah dari remote. Untuk mengatasi masalah ini, harus dilakukan oleh service ac denpasar. Akan dilakukan pengecekan, bila kondisinya sudah parah harus diganti yang baru. Karena sensor ac sulit untuk diperbaiki.

Tips Memilih Service ac Terpercaya

Ketiga penyebab itulah yang sering ditemui saat ac tidak bisa dinyalakan atau dimatikan dengan remote. Jangan langsung membeli remote yang baru, tanpa tahu penyebabnya. Karena mungkin remote anda masih normal, tetapi ada bagian lain yang rusak. jika ingin memperbaiki ac, pilihlah service ac terpercaya. Karena saat ini banyak service ac abal-abal yang tidak profesional. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

Berpengalaman dan profesional

Dua hal ini tidak boleh terlewatkan. Anda harus memilih service ac yang berpengalaman dan profesional. Ini bisa dilihat dari berapa lama, mereka mengerjakan bidang ini. anda juga bisa bertanya kepada teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa mereka. Sehingga tahu kualitas terbaiknya. Jangan memilih sembarangan, karena mungkin mereka tidak bisa memperbaiki dengan benar.

Service Resmi Merk AC

Jika anda ragu memilih service ac, lebih baik untuk memakai service resmi dari merk ac yang anda gunakan. Biasanya setiap merk ac, pasti memiliki service center sendiri. Anda bisa menggunakan jasa mereka, karena sudah terjamin kualitas dan garansinya. Apalagi ac anda masih dalam masa garansi. Ini lebih menghemat pengeluaran.

Supaya terhindar dari kerusakan, pastikan untuk merawat ac dengan benar. Bersihkan secara rutin dan pergunakan dengan bijak. Jangan lupa untuk memilih service ac denpasar di sejasa.com.

Deskripsi: service ac denpasar bisa di cek website sejasa,com, karena hanya menyediakan service ac yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *