Hal yang Wajib Anda Ketahui saat Merawat Bayi Baru Lahir

Bagi sebagian ibu, terutama bagi ibu yang baru saja melahirkan anak yang pertama tentunya akan merasa bingung mengenai bagaimana cara merawat bayi yang baik dan benar. Bayi yang baru lahir cenderug lebih sensitif terhadap hal-hal di sekitarnya. Sebenarnya hal apa saja sih yang perlu diperhatikan? Berikut merupakan beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

  1. Bayi Mudah Mengalami Gangguan Nafas

Banyak ibu yang cenderung lebih memperhatikan perawatan tali pusar bayi dibandingkan dengan sesak nafas yang sering dilupakan. Agar bayi tak mudah sesak nafas, Anda harus tetap memastikan bahwa jalan pernafasan bayi tidak tersumbat.

Pastikan bahwa Anda tidak memberikan benda ataupun makanan padat yang justru akan membuat bayi tersedak.  Ketidaktahuan seorang ibu biasanya sering menyebabkan bayi mengalami gangguan nafas walaupun bayi dalam keadaan yang sehat.

  1. Jangan Anggap Remeh Lendir Tenggorokan

Apabila bayi mengalami flu ataupun memiliki lendir di area tenggorokan, segera konsultasikan kepada dokter. Hal ini dirasa perlu sebab apabila dalam keadaan lanjut, lendir yang terdapat dalam saluran pernafasan bayi dapat menyebabkan sesak nafas, bahkan lebih parahnya bayi dapat mengalami kekurangan oksigen.

  1. Ketahui Kebutuhan Minum Susu Bayi

Ketika akan memberikan ASI maupun susu formula bagi sang buah hati, Anda perlu memberikan dalam porsi yang cukup. Anda perlu menanyakan hal ini kepada bidan ataupun dokter yang membantu proses persalinan. Tanyakan seberapa banyak jumlah ASI yang perlu diberikan kepada sang buah hati setiap kali minum, dan tiap berapa jam bayi perlu minum susu.

Frekuensi pemberikan ASI pada bayi cenderung berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Bayi yang kekurangan minum cenderung akan membuat berat padan semakin menurun. Namun, kebanyakan minum juga dapat menyebabkan bayi menjadi muntah dan tersedak yang akan masuk ke dalam saluran pernafasan dan dapat berisiko bayi menjadi kebiruan dan meninggal.

  1. Jangan Langsung Membaringkan Bayi Setelah Disusui

Anda jangan langsung membaringkan bayi setelah diberi ASI maupun susu formula. Sebaiknya, Anda perlu menyanggah si kecil dengan posisi kepala yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaki sambil menepuk punggung bayi.

Menyanggah dan menepuk punggung bayi bertujuan agar bayi dapat segera bersedawa. Di mana sendawa tersebut menandakan bahwa ASI maupun susu formula sudah masuk ke saluran pencernaan bayi. Hal ini perlu dilakukan agar bayi tidak muntah dan masuk ke dalam saluran pernafasan yang akan berdampak buruk bagi kesehatan sangan buah hati.

Nah, di atas merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat bayi yang baru lahir. Apakan Anda sedang mencari berbagai perlengkapan bayi yang berkualitas? Yuk segeralah kunjungi orami.co.id dan manfaatkan promo kemerdekaan 2018 yang diadakan untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *